logo
Back to List
Artikel

DPW MUKI Sulut Lantik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pertama di Indonesia

thumbnail



   

Merupakan kebanggaan dan rasa terima kasih kepada Tuhan Yesus Kristus yang oleh pekerjaanNya telah menolong DPW MUKI SULUT di bawah kepemimpinan Dr (Cand) Ir. Dwight Mooddy Rondonuwu, M.T dan Pdt. Dr. Alfrets Daleno, S.Th, M.Pd.K sebagai tugas perdana di periode yang baru dengan melantik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Sulawesi Utara.  Pembacaan Surat Keputusan oleh Sekretaris DPW MUKI SULUT dan dilanjutkan dengan Pelantikan oleh Ketua DPW MUKI SULUT adalah suatu kolaborasi dalam melayani Umat Kristen di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara.

Pnt. Michael Remizaldy Jacobus, SH, MH dilantik sebagai ketua LBH MUKI Sulut yang didampingi oleh Christiansen Samadi, SH, L.L.M sebagai Sekretaris dan Jeane Lanombuka, SH sebagai Bendahara. Kepengurusan LBH MUKI Sulut dilengkapi dengan Ketua-ketua Bironya, antara lain :

  • Biro Advokasi Non Litigasi : Trey Berhimpon, SH
  • Biro Advokasi Litigasi  : Sandra P. Binambuni, SH, MH
  • Biro Advokasi Pendidikan dan Penyuluhan Hukum : Richy Tapahari, SH
  • Biro Advokasi Pelanggaran HAM Perempuan dan Anak : Roslin Masihor, SH, MH
  • Biro Advokasi SDM (DPW, DPD, DPC) : Zuzana Pangkerego, SH
  • Biro Publikasi, Media dan Pers : Jeane Rondonuwu, S.Sos

Harapan paling besar dari masyarakat Sulawesi Utara adalah kehadiran LBH MUKI Sulut untuk mendampingi serta memberi bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

LBH MUKI Sulut adalah Lembaga Bantuan Hukum MUKI yang pertama se-Indonesia. Hal ini memberi isyarat kepada kita bahwa DPW MUKI Sulut konsisten dengan  pergumulan-pergumulan umat. Kehadiran LBH MUKI Sulut merupakan sarana bagi masyarakat untuk bisa memperoleh pendampingan bagi masalah-masalah hukum yang di hadapi.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Umum DPP MUKI Bpk Djasarmen Purba, SH didampingi oleh Wakil Ketua Uumum 3 yang sekaligus adalah Korwil MUKI Sulut Pdt. Dr. Joice Ester Raranta, M.Th, Bersama Ketua Dewan Pengawas DPW MUKI Sulut Ir. Marhany V.P.Pua, ST, M.Si dan Ketua Dewan Penasehat DPW MUKI Sulut Pdt. Drs. Johan Manampiring, S.Th. Juga disaksikan oleh Pemerintah Provinsi Sulut yang hadir, pimpinan-pimpinan gereja dan Pimpinan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara.

Kehadiran LBH MUKI Sulut merupakan berkat Tuhan bagi Sulawesi Utara khususnya di Dewan Pimpinan Wilayah Majelis Umat Kristen Indonesia. LBH MUKI Sulut memberi rasa aman bagi masyarakat yang bergumul. Doa akan menjadi utama dalam pekerjaan yang akan dilakukan oleh LBH MUKI Sulut dan Tuhan pasti memberkati.

Denny. D.H  Kindangen,SH , S.Th, M.Th , selaku Ketua  Umum Lembaga Bantuan Hukum DPP MUKI  menyampaikan bahwa pada tanggal 6 Maret 2023,  Dewan Pimpinan Pusat LBH MUKI telah mengeluarkan Surat Pengesahan No. 005/SP/DPP-LBH MUKI/III/2023. Hal ini didasarkan oleh telah terbitnya Surat Keputusan DPW MUKI SULAWESI UTARA dan Surat Permohonan oleh DPW MUKI Sulawesi Utara agar diterbitkannya Surat Pengesahan. Dengan dilaksanakannya pelantikan LBH MUKI Sulawesi Utara yang dinahkodai Michael Remizaldi Jacobus SH., MH saya Mewakili Dewan Pimpinan Pusat LBH MUKI Indonesia mengucapkan selamat dan sukses. Harapan saya LBH MUKI Sulawesi Utara dapat berdampak dan kehadirannya dapat dirasakan oleh masyarakat dan umat Kristen yang ada di Sulut dengan melakukun berbagai hal diantaranya :

  • Bisa berperan Aktif membantu masyarakat terkait permasalahan hukum dan menjujung tinggi konstitusi/UU.
  • Menjadi mediator yang profesional dalam menyelesaikan masalah hukum
  • Membela yang benar dalam perkara litigasi
  • Memastikan seluruh kabupaten terbentuk Perwakilan LBH MUKI
  • Menjadi Partner Eksekutif dan Legislatif dalam Pembahasan Peraturan Perundangundangan dan sosialisasi UU
  • Memberikan informasi melalui media LBH MUKI terkait masalah hukum dan solusi.
  • Menjadi partner dalam penanganan HAM Perempuan dan Anak.
  • Terlibat aktif dan memberikan pesan moral melalui seminar, lokakarya di setiap desa terkait isu hukum extraordinary crime

Dengan skill dan team yang solid saya yakin LBH MUKI Sulawesi Utara pasti BISA!


MUKI DAMAI……MUKI JAYA…
(Alda / KOMINFO DPP MUKI)

profil
Super Admin
Published at 20 Mar 2023
Bagikan Artikel facebook-icon facebook-icon
Komentar 0

Artikel Lainnya

thumbnail
MUKI Sulut dan Zoominar "Gereja New Normal di Era Industry 5.0"
DPW MUKI SULUT terus berkary...
Selengkapnya 18 Jul 2020
thumbnail
MUKI MENGGUGAT, bersama menggugat SKB 2 Menteri tentang Pendirian Rumah Ibadah
Salam Perjuangan.Kebebasan b...
Selengkapnya 15 Mar 2020
thumbnail
Kesan & Harapan Peserta IPKRC Angkatan I
Salam Sejahtera bagi kita se...
Selengkapnya 07 Oct 2020
thumbnail
Pengurus DPW MUKI dan LBH MUKI Sulut dilantik
Manado –   Jumat 3/3...
Selengkapnya 03 Mar 2023